Konsultasi#61: Bunyi Kresek di Dalam Telinga

mau konsel ni,sewaktu aq membersihkan telinga saya dengan pengorek kuping,tiba-tiba kotoran kuping saya banyak dan kering,setelah aq coba lagi mengorek kuping kedua kailinya akhirnya kotoran kuping berair dan menempel darah sedikit di kapas penggorek kuping,akhirnya saya miringkan kuping saya lagi bunyi-bunyi suaran kotoran di dalamnya,setelah itu kuping saya susah mendengar,dan sekarang kuping saya gatal dan terasa berdenyut,dan terasa saya dengar seperti suara angin,terus aku oleskan minyak kayu putih didaerah pinggiran kuping saya,mas sam,akhirnya besok pagi nya saya bangun,kotoran kuping saya jatuh diatas bantal saya,seperti gumpalan kotoran dan darah yg kering.sudah terasa lumayan kuping saya terbuka,tapi esok hari nya,saya keluar dan maen putaran halilintar,terasa kuping saya tertutup lagi dan susah dengar dan gatal serta berdenyut,bagaimana mas sam untuk mengatasinya??karena aku takut sekali.

Jawab:

Selamat pagi.

Kamu perlu pergi ke dokter THT. Kemungkinan ada serumen di dalam telinga kamu. Dokter THT punya alat untuk menyedot atau mengorek serumen tersebut.

Kalaupun mungkin ada masalah lain, kemungkinan itu adalah benda asing lain atau serangga kecil. Dokter THT akan segera memberikan tatalaksana.

Terima kasih.
Semoga bermanfaat.

dr. Samuel Sembiring
dokter@samuelkarta.com

18 comments

  1. Slamat malam dok. Saya mau tanya kuping kanan saya klo dengar suara kenceng/hatset terasa kresek2. Tapi kuping kiri saya normal dok. Kuping kanan saya juga masih bisa buat dengar juga. Cuma itu,kalo dengar yg kenceng bunyinya kaya radio kurang sinyal. Gimana dok solusinya. Terima kasih…

  2. dok, telinga kanan saya terdengar suara tik tik kritik-kritik gitu dok, kaya ada semut jalan di telinga, jadi rasanya ada yang nyentuh bulu di dalam telinga saya. ini kenapa dok? apa karena serumen, atau sering saya korek atau terlalu sering memakai headset? mohon bantuannya. terimakasih

    1. Selamat sore,
      Berdasarkan keluhan yang kamu paparkan, bisa jadi ada beberapa kemungkinan.
      1. Ada serangga kecil dalam telinga kamu. Untuk mengatasinya, serangga kecil tersebut harus dikeluarkan
      2. Serumen prop dalam telinga. Untuk masalah satu ini juga harus dikeluarkan.

      Biasanya dengan mengeluarkan serumen atau serangga kecil dari dalam telinga oleh dokter THT, keluhan-keluhan akan segera hilang.
      Untuk keluhan ini umumnya tidak ada kaitannya dengan sering memakai headset dan frekuensi mengorek telinga yang sering.

      Saya anjurkan kamu untuk segera ke dokter THT.

      Terima kasih
      Semoga bermanfaat
      dr. SPKS

    1. Selamat Sore.

      Serumen adalah hasil produksi kelenjar seromusinosa yang terdapat di liang telinga luar. Serumen berguna untuk melicinkan dinding liang telinga, dan mencegah masuknya serangga kecil ke liang telinga.

      Serumen ini merupakan istilah medis dari istilah kotoran telinga yang populer di tengah masyarakat. Serumen akan terus diproduksi karena secara fisiologis memang memiliki peran dalam telinga. Sehingga ketika serumen dibersihkan, secara normal serumen akan terus dihasilkan.

      Terima kasih dan semoga bermanfaat

  3. Saya mau tanya, saat itu telinga saya terkadang keluar cairan, tapi sekarang tidak. Lalu beberapa bulan kemudian telinga saya kalau di buat menguap terdengar suara “krek” dan kadang sakit. Gimana solusinya. Terimakasih

    1. Selamat pagi.

      Apakah anda memperhatikan cairan yang keluar? Apakah kental atau encer? Dan warnanya? Dan berapa banyak?

      Riwayat adanya keluar cairan dari dalam telinga mengindikasikan adanya infeksi telinga. Biasa disebut otitis media. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

      Terima kasih

  4. Malam dok, Saya fitri anggraini umur 18 th ,saya mau tanya nih ?
    Begini dok, akhir” ini saya merasa terganggu dengan kuping saya. Seperti ada bunyi kresek” di telinga kiri saya. Bunyi itu keluar jika saya bergerak entah noleh ke kiri atau ke kanan. Pertama sih saya kira itu hnya kotoran kuping biasa tapi stlah sya korek kuping hsilnya bersih dok, tdk ada kotoran apapun. Hari ini terasa agak sakit tapi sedikit.
    Apakah saya harus ke dokter THT dok,

  5. Dokter saya mau tanya, telinga saya bagian kanan sudah 2 hr ini terdengar bunyi kresek2 awalnya bunyi aja dan yang kedua bunyi di sertai sakit kalau saya menggoyangkan telingga kanan saya terasa bunyinya dan sakit, tiba2 muncul dan hilang , kenapa dokter dgn telinga saya dan saya harus gimana ?

    1. Selamat sore.
      Umumnya itu adalah serumen prop atau kotoran telinga yang ada di dalam telinga. Kemungkinan lain bisa jadi ada serangga kecil yang masuk ke dalam telinga kamu.

      Biasanya dengan mengeluarkan serumen atau serangga kecil dari dalam telinga oleh dokter THT, keluhan-keluhan akan segera hilang.

      Saya anjurkan kamu untuk segera ke dokter THT.

      Terima kasih
      Semoga bermanfaat
      dr. SPKS

    1. Selamat pagi.
      Bunyi ‘kresek’ pada telinga umumnya tidak berbahaya. Tanda ini bisa jadi disebabkan beberapa kemungkinan, yaitu:
      1. Ada serangga kecil dalam telinga kamu. Untuk mengatasinya, serangga kecil tersebut harus dikeluarkan
      2. Serumen prop dalam telinga. Untuk masalah satu ini juga harus dikeluarkan.

      Biasanya dengan mengeluarkan serumen atau serangga kecil dari dalam telinga oleh dokter THT, keluhan-keluhan akan segera hilang.

      Saya anjurkan kamu untuk segera ke dokter THT.

      Terima kasih
      Semoga bermanfaat
      dr. SPKS

  6. Malam dok. Nama saya suci umur 18thn. Saya sering ngerasain suara keresek² dicampur gatal, kadang² terasa sakit dan kadang² juga terasa ada yang gigit tapi semua.a terjadi secara tiba² gak bentuk. Sebelum.a saya bersihin kotoloran telinga menggunakan alat permersih telinga kawat karena menurut saya itu akan lebih mudah membersihkan.a. setelah selesai saya tidur kurang lebih pukul 4 pagi ada suara yang menggangu ditelinga saya. Dan sering terjadi selama 4hari kemarin. Saya minta solusinya yah dok. Terimakasih

    1. Selamat malam.
      Berdasarkan keluhan yang kamu paparkan, bisa jadi ada beberapa kemungkinan.
      1. Ada serangga kecil dalam telinga kamu. Untuk mengatasinya, serangga kecil tersebut harus dikeluarkan
      2. Serumen prop dalam telinga. Untuk masalah satu ini juga harus dikeluarkan.

      Biasanya dengan mengeluarkan serumen atau serangga kecil dari dalam telinga oleh dokter THT, keluhan-keluhan akan segera hilang.

      Saya anjurkan kamu untuk segera ke dokter THT.

      Terima kasih
      Semoga bermanfaat
      dr. SPKS
      dokter@samuelkarta.com

  7. Selamat malam dok, nama saya yosua 20 tahun. Sudah seminggu saya mendengarkan bunyi krek-krek pada telinga saya jika saya menekan/menggerakkan telinga dalam saya dan seringkali seperti tersumbat ketika saya menarik napas. Selain itu juga terdengar bunyi berdenging. Itu semua terjadi pada bagian telinga kiri saya. Sebelumnya saya sering menggunakan cotton bud untuk membersihkan dan mengeringkan telinga yang basah.
    Terima kasih dok.

    1. Selamat malam mas.
      Saya sangat menyarankan agar kamu memeriksakan telinga kamu ke dokter. Setidaknya dengan dokter umum juga tidak masalah. Agar bisa diperiksakan apakah memang ada benda asing atau serangga yang ada di dalam telinga kamu.

      Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *